EssaysForStudent.com - Free Essays, Term Papers & Book Notes
Search

Samsung Case Study

Page 1 of 3

TUGAS

MARKETING  MANAGEMENT

“ CASE REVIEW : SAMSUNG”

[pic 1]

OLEH:

GALIH DWI ATMOJO WIDIYANTO

MELISA SASUE

MAGISTER MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS

UNIVERSITAS GADJAH MADA

2016

Samsung

Pasar smartphone di seluruh dunia tumbuh 13,0% dari tahun ke tahun pada 2015 Q2, dengan 341.500.000 pengiriman, menurut data dari Data Corporation International (IDC). Pertumbuhan ini terutama disebabkan oleh kenaikan yang dialami di pasar negara berkembang. Android mendominasi pasar dengan pangsa 82,8% pada kuartal kedua tahun 2015. Samsung menegaskan kembali kepemimpinan global dengan fokus baru pada smartphone yang lebih rendah biaya. 

[pic 2]

Gambar 1 Pangsa Pasar OS smartphone di seluruh dunia (Sumber : IDC, Agustus 2015)

Android mendominasi pasar smartphone dengan pangsa 82,8% dengan Samsung sebagai kontributor utama. Pangsa pasar Android mengalami peningkatan dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2015, dengan pertumbuhan yang kuat di unit pengiriman oleh pemain lain seperti Huawei, Xiaomi dan ZTE

Tabel 1 Pangsa Pasar OS Smartphone di Seluruh Dunia

[pic 3]

(Sumber : IDC, Agustus 2015)

Pangsa pasar iOS turun 22,3% pada kuartal kedua tahun 2015 dengan 47,5 juta pengiriman. Meskipun mengalami penurunan, Apple masih menikmati kesuksesan berkat loyalitas konsumen terhadap perangkat iOS. Popularitas iPhone 6 Plus di China, di mana pasar smartphone secara keseluruhan melihat kebangkitan dalam pertumbuhan sebesar 6,7%.

[pic 4]

Gambar 2. Pangsa pasar vendor smartphone seluruh dunia

(Sumber : IDC, Agustus 2015)

Samsung mempertahankan kepemimpinan di pasar smartphone seluruh dunia dengan 21,4% di 2015Q2. Akan tetapi mengalami penurunan 11,5%. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kinerja yang kurang memuaskan dari rilis andalannya terbarunya, Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge. Meskipun demikian, Samsung mampu mempertahankan posisi nomor satu karena meningkatnya pengiriman model low-end, terutama untuk pasar-pasar Negara berkembang. Perangkat A-series Samsung juga terbukti berhasil dibanyak pasar mid-tier. Meskipun produk unggulan Samsung (Galaxy S6 dan S6 Ujung) memulai pengiriman pada catatan yang kuat, gagal untuk menjaga momentum.

Tabel 2 Pangsa Pasar Vendor Smartphone Seluruh Dunia

[pic 5]

(Sumber : IDC, Agustus 2015)

Strategi Samsung

Bagaimana Samsung bisa melakukan strategi meniru Apple dengan begitu cepat? Samsung disebut oleh para analis sebagai peniru yang cepat dengan biaya bersaing dan jaringan distribusi yang luas (Newman et al, 2012). Faktanya Samsung tidaklah tiba-tiba bisa melakukan strategi meniru Apple ini. Salah satu faktor yang membuat Samsung menjadi peniru yang cepat adalah Samsung yang ternyata merupakan salah satu penyuplai komponen Hardware terbesar untuk produk-produk Apple. Produk-produk Apple yang komponenya disuplai oleh Samsung antara lain : New iPad, iPad 2 versi Wifi, iPhone 4s, iPod touch generasi ketiga, MacBook Air, dan Macbook Pro dengan retina Display (Yusuf Oik, 2012). Dengan menjadi penyuplai komponen Apple, bisa dilihat bahwa Samsung memiliki kesempatan yang sangat besar untuk mempelajari mengenai produk Apple sedangkan Samsung memproduksi sendiri komponen dari smartphone nya mulai dari chip sampai layar yang digunakan. Karena itu, Samsung dapat membuat biaya produksinya lebih rendah dibanding pesaing dan menjual produknya di pasaran dengan harga yang lebih rendah juga dibandingkan pesaingnya. Kemampuan Samsung untuk menyediakan komponen-komponen penting sendiri juga membuat Samsung bisa meluncurkan berbagai variasi smartphone dalam waktu yang hampir bersamaan.

Download as (for upgraded members)
txt
pdf