EssaysForStudent.com - Free Essays, Term Papers & Book Notes
Search

Vietnam: Market Entry Decision

Page 1 of 39

SERVICE MARKETING

“ Vietnam: Market Entry Decisions”

Dosen Pengampuh : Prof. V. Henky Supit

[pic 1]

Oleh :

Santho Vlennery Mettan / 8112415023

UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA

PROGRAM PASCASARJANA

MAGISTER MANAJEMEN

2016

LATAR BELAKANG

        Pada tahun 1996 bulan mei, Tiga perusahaan multinasional milik Amerika Serikat mempertimbangkan untuk apakah akan memasuki pasar di negara vietnam atau tidak. Jika iya langkah apa yang akan diambil oleh ketiga perusahaan tersebut. Vietnam adalah negara yang berada pada urutan ke 12 sebagai negara yang paling padat penduduknya di dunia. Vietnam sedang diperbincangkan oleh negara-negara luar sebagai “ Naga Asia” karena pertumbuhan ekonomi yang pesat dan substansial investasi asing masuk secara langsung yang telah dirangsang oleh seri yang berkelanjutan dari liberalisasi reformasi ekonomi.

Sejumlah perusahaan multinasional yang berbasis di AS yang sudah beroperasi di vietnam, telah masuk segera setelah pencabutan embargo perdagangan AS oleh presiden clinton pada bulan februari 1994. Salah satu perusahaan amerika yang telah berada di pasar vietnam yaitu Pepsi Co. Dimana dalam waktu 7 jam setelah pencabutan embargo perdagangan AS Pepsi Co. telah memulai produksi di pabrik pembotolan di mana telah diinvestasikan dengan mitra vietnam dan singapura, dan pada malam berikutnya ditempatkan iklan menampilkan miss vietnam di tv nasional. Pendatang awal lainnya yang telah bersiap untuk memulai produksi pada kesempatan pertama yaitu motorola, boeing, dan beberapa bank dan perusahaan akuntansi. Perusahaan Multinasional milik AS menghadapi persaingan dari banyak perusahaan asia dan eropa yang tertarik dengan potensi pertumbuhan di pasar vietnam.

Ketiga Perusahaan Multinasional mulai didekati oleh banyak distributor dengan sistem joint venture. Selain itu, MNCs meminta saran dari konsultan dengan kesimpulan sebagai berikut:

Vietnam adalah pasar yang besar, dan memiliki tenaga kerja berlimpah, terdidik, dan murah. Karena Vietnam adalah negara terakhir yang membuka diri menerima negara asing untuk masuk di negaranya, tetapi vietnam telah mampu memilih dan mepertimbangkan praktek terbaik yang dilihat dari pasar negara berkembang lainnya. Apa yang dicapai oleh vietnam adalah kemajuan yang pesat karena mengingat hal itu itu masih dijalankan oleh partai komunis. Hal ini bisa terjadi karena vietnam yang umumnya pekerja keras, dan terutama di wilayah selatan yang mayoritas warganya bergerak di bidang kewirausahaan. Selain itu, pemerintah tampaknya benar-benar berkomitmen untuk mereformasi sistem yang ada, dan sejauh masa transisi secara mengagumkan berjalan lancar.

Pada saat yang sama, masih ada cukup banyak hal tentang vietnam yang mencemaskan perusahaan-perusahaan barat. Daftar teratas adalah korupsi, birokrasi, dan kurangnya infrastruktur. Juga, partai komunis memiliki niat untuk menjaga kontrol perusahaan dan mempertahankan beberapa kekuatan mengerikan, seperti hak untuk membeli perusahaan asing, atau untuk menentukan tingkat keuntungan yang akan mengumpulkan pajak dari perusahaan asing.

Ketika anda mengunjungi vietnam, masih terlihat sebagian besar belum berkembang. Bandara belum sepenuhnya direhabilitasi dari perang, jalan mengerikan, dan ada sedikit tanda pembangunan industri. Tapi masuk ke kota, dan anda akan menemukan hotel anda penuh pengunjung bisnis, anda akan melihat blok menara pertama naik, tempat ini penuh energi, dan jalan-jalan dipenuhi dengan toko-toko kecil menumpuk tinggi dengan produk barat. Beberapa manajer perusahaan AS dikirim ke vietnam untuk melihat dan menilai situasi pasar, mereka menemukan bahwa produk mereka sudah dijual di seluruh kota tetapi sebagian produk palsu tetapi ada juga yang asli masuk melalui pasar asia lainnya. Konsultan telah berbicara dengan banyak perusahaan untuk menunggu dan melihat pasar terbuka untuk bisnis, dan perusahaan lain berharap atas pengembalian kekayaan dari apa yang mereka dapatkan di awal.

Country profile

        Republik sosialis vietnam didirikan pada tahun 1975 ketika mengikuti dekade perang, negara itu bersatu di bawah kepemimpinan komunis ho chi minh. Vietnam dipartisi menjadi utara komunis dan perancis yang didukung selatan oleh 1955 geneva accords, menyusul kekalahan dari pasukan kolonial perancis oleh tentara ho chi minh di dien bien phu. Melanjutkan ketegangan, dan dukungan peningkatan kedua aliansi militer perang dingin, segera menyebabkan perang baru, yang berakhir pada tahun 1975 dengan penarikan pasukan amerika dari ibukota selatan saigon (kemudian berganti nama kota ho chi minh). Pada tahun 1996, semua aspek dari pemerintah masih dikuasai oleh partai komunis vietnam dan politburo yang dari ibukota, hanoi di utara negara itu. Kota ho chi minh, kota terbesar di negara itu, telah mendapatkan kembali statusnya sebagai pusat komersial bangsa.

Download as (for upgraded members)
txt
pdf
Citation Generator

(2016, 04). Vietnam: Market Entry Decision. EssaysForStudent.com. Retrieved 04, 2016, from https://www.essaysforstudent.com/Business/Vietnam-Market-Entry-Decision/102560.html

"Vietnam: Market Entry Decision" EssaysForStudent.com. 04 2016. 2016. 04 2016 <https://www.essaysforstudent.com/Business/Vietnam-Market-Entry-Decision/102560.html>.

"Vietnam: Market Entry Decision." EssaysForStudent.com. EssaysForStudent.com, 04 2016. Web. 04 2016. <https://www.essaysforstudent.com/Business/Vietnam-Market-Entry-Decision/102560.html>.

"Vietnam: Market Entry Decision." EssaysForStudent.com. 04, 2016. Accessed 04, 2016. https://www.essaysforstudent.com/Business/Vietnam-Market-Entry-Decision/102560.html.