EssaysForStudent.com - Free Essays, Term Papers & Book Notes
Search

Teknologi Smartcard Dan Impian Di Masa Depan

By:   •  Essay  •  943 Words  •  February 24, 2010  •  1,097 Views

Page 1 of 4

Join now to read essay Teknologi Smartcard Dan Impian Di Masa Depan

Teknologi SmartCard dan Impian di Masa Depan

Antonius Aditya Hartanto

Teknologi kartu baik itu berupa kartu kredit, ATM, maupun kartu GSM handphone, saat ini bukan lagi monopoli masyarakat di kota-kota besar saja, namun juga telah merambah ke kota-kota kecil bahkan pedesaan. Pertumbuhan kartu ini baik dari sisi jumlah pengguna maupun teknologinya sendiri benar-benar melesat dengan sangat cepat. Salah satu teknologi yang di paling banyak diimplementasikan dalam berbagai jenis kartu adalah teknologi SmartCard.

Jika berbicara tentang SmartCard, tentu saja anda berbicara tentang sebuah Chip kecil yang telah diprogram untuk menangani fungsi-fungsi tertentu maupun untuk menyimpan informasi yang ditanam didalam kartu anda. Secara umum, terdapat tiga model smart card yang dikembangkan di industri yang di dunia saat ini, yaitu :

1. PC/SC : Dikembangkan oleh Microsoft dan beberapa perusahaan lainnya. PC/SC adalah antarmuka aplikasi smart card untuk komunikasi dengan smart card dari PC berbasis Win32.

2. OpenCard Framework : adalah sebuah standar terbuka yang menyediakan operasi antar aplikasi smart card lewat NC, POS, desktop, laptop, set top box, dan sebagainya. OpenCard biasanya harus digunakan dalam komunikasi dengan perangkat eksternal dan/atau menggunakan library yang ada di client. Selain itu, OpenCard juga menyediakan antarmuka ke PC/SC agar dapat digunakan untuk perangkat yang berbasis Win32.

3. JavaCard : diperkenalkan pertama kali oleh Schlumberger dan digunakan sebagai standar Card bagi Software Java saat ini. Schlumberger juga hanya menggunakan Java card sebagai satu-satunya card yang dipasarkannya saat ini, sekaligus sebagai perusahaan pertama yang memiliki lisensi JavaCard yang berstandar ISO 7816.

SmartCard berbeda dengan Magnetic Card yang juga cukup banyak digunakan dalam aplikasi kartu absensi di kantor-kantor dan lain sebagainya, namun memiliki beberapa kelebihan dalam hal kehandalan, kemampuan menyimpan informasi yang ratusan kali lebih banyak , lebih sulit untuk dipalsukan. Smartcard cukup mudah untuk diprogram, sehingga memungkin untuk dikembangkan lebih lanjut di sisi aplikasinya. Meskipun demikian, teknologi perangkat kerasnya sendiri tidak berkembang dengan cepat dan cenderung statis.

Gambar 1. Ukuran standar dan komponen SmartCard

Ukuran standar dari sebuah SmartCard ditentukan oleh ISO7816. Jika anda perhatikan dengan seksama ketika membeli kartu baru GSM, maka anda akan melihat bahwa terdapat dua buah komponen yang dapat anda amati yaitu smartcard-nya sendiri dan substrat plastiknya yang menjaga smartcard-nya dari kerusakan sebelum digunakan. Karakter fisik dari smart card berdasar standar ISO 7816 dapat anda lihat pada beberapa aplikasi seperti Kartu kredit, kartu ATM dan sebagainya seperti Gambar 2.

Gambar 2. Karakteristik Fisik sebuah SmartCard

Normalnya, sebuah smart card tidak memiliki catu daya, layar, atau keyboard. Smart card berinteraksi dengan dunia luar menggunakan antarmuka komunikasi serial lewat delapan titik kontak atau contact point yang ada.

Gambar 3. Delapan titik kontak dengan dunia luar

Munculnya teknologi ini, membuka jalan yang seluas-luasnya bagi munculnya aplikasi-aplikasi berbasis kartu yang lebih komplek dan saling terintegrasi dengan kehidupan manusia. Selama ini teknologi kartu yang kita kenal berkisar pada aplikasi di mesin ATM, kartu kredit, kartu GSM, dan sebagainya. Namun telah pula dikembangkan sebuah aplikasi dimana anda hanya memerlukan sebuah kartu saja untuk semua aplikasi yang ingin anda akses.

Salah satu aplikasi yang telah dikembangkan adalah Travel Card. Dengan menggunakan Travel Card ini, anda tidak memerlukan tiket ketika harus bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, ketika menggunakan pesawat telepon di bandara, memesan mobil jemputan di bandara tujuan, pembayaran elektronik di beberapa pusat perbelanjaan, maupun reservasi kamar hotel.

Gambar 4. Aplikasi Travel Card

Dengan menggunakan Travel Card tersebut, anda tidak perlu lagi untuk mengurus kebutuhan anda selama bepergian ke luar negeri misalnya, karena hanya

Continue for 3 more pages »  •  Join now to read essay Teknologi Smartcard Dan Impian Di Masa Depan and other term papers or research documents
Download as (for upgraded members)
txt
pdf