EssaysForStudent.com - Free Essays, Term Papers & Book Notes
Search

Itil

By:   •  Essay  •  535 Words  •  April 25, 2011  •  1,195 Views

Page 1 of 3

Itil

ITIL v3 atau Information Technology Infrastructure Library versi 3 adalah sebuah rangkaian buku yang membahas topik pengelolaan teknologi informasi yang mana merupakan rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi dan dapat memberikan deskripsi yang detail mengenai praktik IT yang penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi. ITIL v3 lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi.

ITIL dalam versi ini terdiri dari lima bagian yaitu :

• service strategy :

merupakan inti dari ITIL Service Lifecycle. Service ini memberikan panduan kepada panduan pengimplementasian ITSM yang memandang konsep ITSM bukan hanya sebagai kemampuan organisasi tapi juga sebagai asset strategis perusahaan. Topik yang dibahas dalam tahapan lifecycle ini mencakup pembentukan pasar untuk menjual layanan, tipe-tipe karakteristik penyedia layanan internal maupun eksternal, asset-aset layanan, konsep fortofolio layanan serta strategi implementasi keseluruhan ITIL Service Lifecycle. Selain itu terdapat Service Portofolio Management, Financial Management, dan Demand Management sebagai topiknya.

• service design :

memberikan panduan kepada organisasi IT untuk dapat secara sistemastis dan best practice dan membangun layanan IT maupun implementasi ITSM itu sendiri. Proses yang dicakup Service Design adalah Service Catalog Management, Service Level Management, Supplier Management, Capacity Management, Availability Management, IT Service Continuity Management, Information Security Management.

• service transition :

memberikan panduan kepada organisasi IT untuk dapat mengembangkan dan kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun yang diubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional. Proses yang dicakup Service Transition adalah Transition Planning and Support, Change Management, Service Asset & Configuration Management, Release & Deployment Management, Service Validation, Evaluation, dan Knowledge Management.

• service operation :

merupakan tahapan lifecycle yang mencakup semua kegiatan operasional harian pengelolaan layanan – layanan TI. Proses yang dicakup Service Operation adalah Event Management, Incident Management, Problem Management, Request Fulfillment, dan Access Management.

• continual service improvement

Continue for 2 more pages »  •  Join now to read essay Itil
Download as (for upgraded members)
txt
pdf