EssaysForStudent.com - Free Essays, Term Papers & Book Notes
Search

Organizational Behavior

By:   •  Essay  •  867 Words  •  October 18, 2014  •  906 Views

Page 1 of 4

Organizational Behavior

Anggota Kelompok yang Terlupakan

   Kursus untuk perilaku organisasi semester tampaknya menjanjikan kesempatan untuk belajar, menikmati dan mempraktekkan beberapa teori dan prinsip-prinsip didalam buku teks dan diskusi kelas. Christine Spencer adalah orang yang setia, mahasiswa pekerja keras yang telah mempertahankan nilai rata-rata A sampai saat ini. Meskipun kemampuan dan pengetahuannya dia peroleh melalui kursus yang penting , dia juga sangat prihatin tentang nilai-nilainya. Dia merasa bahwa nilai yang terpenting bagi dia dalam memberikan keunggulan kompetitifnya ketika mencari sebuah pekerjaan dan sebagai mahasiswa tahun ketiga, dia menyadari bahwa dia akan segera melakukan itu.

   Minggu sore. Pukul dua. Christine sedang mengerjakan tugas akuntansi tetapi tampaknya tidak dapat berkonsentrasi. Kursus tersebutnnya berjalan dengan baik semester ini, semuanya kecuali perilaku organisasi. Banyak tanda dalam kursus tersebut yang harus didasarkan pada kualitas dari tugas/kerja kelompok, dan dia merasa agak diluar kendali. Dia teringat kejadian lima minggu terakhir. Profesor Sandra Thiel telah membagi kelas dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari lima orang dan telah memberikan mereka tugas utama kelompok yang bernilai 30 persen dari nilai akhir. Tugasnya adalah untuk menganalis kasus tujuh halaman dan kumpul dengan analisi tertulis. Sebagai tambahan, Sandar telah meminta semua kelompok untuk mempresentasikan kasus tersebut di kelas,  lalu mahasiswa lainnya akan menjadi “ anggota dewan direktur perusahaan” yang akan mendengarkan bagaimana seorang manajer dan timnya berurusan dengan masalah yang dihadapi.

   Christine terpilih “Koordinator Tim” pada pertemuan pertama. Para anggota lainnya dari kelompok itu adalah Diane, Janet, Steve, dan Mike. Diane adalah orang yang pendiam dan tidak pernah memberikan saran, tetapi ketika ditanya langsung, dia akan muncul dengan ide-ide yang berkualitas tinggi. Mike adalah orang yang suka melucu/ pelawak. Christine ingat bahwa dia telah menyarankan kelompoknya bahwa mereka harus bertemu sebelum kelas untuk membahas kasus hari itu. Mike menolak keras, katanya “tidak mungkin! Ini adalah kelas jam 8:30, dan lagian saya mampir tidak bisa datang tepat waktu! Selain itu, saya akan merindukan pertunjukan “Happy Harry” saya ditelevisi!” Kelompok ini tidak bisa membantu tetapi tertawa pada kemarahannya.  Steve adalah orang yang lugas, selalu ingin memastikan bahwa pertemuan kelompok tersebut dipandu oleh sebuah agenda dan tidak ada hasil nyata yang dicapai atau tidak dicapai pada akhir setiap pertemuan. Janet adalah orang yang dapat diandalkan yang selalu memiliki lebih untuk kelompok dari apa yang diharapkan darinya. Christine melihat dirinya sebagai orang yang teliti dan terorganisir dan sebagai orang yang berusaha memberikan yang terbaik dalam apapun yang dia lakukan.

   Sekarang adalah minggu kelima dalam semester ini, dan Christine tenggelam dalam pikiran tentang tugas perilaku organisasi. Dia menelpon semua orang untuk mengatur waktu pertemuan yang sesuai dengan mereka semua, tapi tampaknya dia berlari dalam hambatan. Mike tidak bisa datang, katanya dia bekerja pada malam hari sebagai anggota pasukan keamanan kampus. Kenyataannya, dia tampaknya akan kehilangan banyak pertemuan dan akan mengirimkan ringkasan ke Christine, dimana seharusnya Christine berdiskusi dengan Mike di pertemuan kelompok tersebut. Christine bertanya-tanya bagaimana cara untuk menangani hal ini. Dia juga ingat kejadian minggu kemarin. Sebelum kelas dimulai, Diane, Janet, Steve dan dia bercanda dengan satu sama lain sebelum kelas dimulai. Mereka tertawa dan menikmatinya sebelum Sandra datang. Tidak ada yang sadar bahwa Mike telah menyelinap dengan sangat tenang dan telah diam-diam mengambil tempat duduknya.

Continue for 3 more pages »  •  Join now to read essay Organizational Behavior
Download as (for upgraded members)
txt
pdf